UIFW 2019: Pentingnya Konsep dan Eksekusi dalam Suatu Rancang Desain

Oleh
Salah satu peserta YPFDC UI Fashion Week 2019 sedang mempresentasikan rancangannya di depan juri. (Image: ArdhaFranstiya/UrbanAsia)

Urban Asia - Mengikuti kompetisi desain fesyen bagi para peminat fesyen yang ingin menjadi desainer fesyen merupakan suatu hal yang penting.

Bagaimanapun, banyak lho para desainer fesyen yang awalnya mengawali karirnya dengan mengikuti lomba-lomba rancang desain.

Hal ini diungkapkan oleh Ichwan Thoha, selaku salah satu juri dari Young Potential Fashion Designer Competition (YPFDC) UI Fashion Week 2019.

"Pada dasarnya saya menyambut baik event ini.. terus juga karena saya mengawali karir saya.. sebagai fashion designer dan akademisi itu juga dari lomba-lomba," ujar desainer yang juga tergabung menjadi anggota Indonesia Fashion Chamber (IFC) ini.


Salah satu peserta YPFDC UI Fashion Week 2019 sedang mempresentasikan rancangannya di depan juri. (Image: ArdhaFranstiya/UrbanAsia)

Menurut Ichwan, acara seperti ini dapat menjadi ajang mengukur kreativitas dan juga sebagai bentuk uji mental bagi seorang calon desainer fesyen.

Baca juga: Kali Ini, Giliran Para Desainer Terpilih! Berikut Top 10 YPFDC UI Fashion Week 2019

Bagaimanapun, kedua hal tersebut menjadi penting ketika kamu merasa bahwa desainer fesyen adalah karier yang kamu mau.

Nah, untuk kompetisi YPFDC UI Fashion Week 2019 sendiri, para 10 peserta terbaik telah mempresentasikan rancangannya di depan juri, Ichwan Thoha dan Najua Yanti pada hari Kamis (04/04) di Kuningan City.

Berbagai rancangan menarik telah ditampilkan. Bahkan, ada rancangan yang cukup unik dari peserta karena ia menggunakan sampah plastik lautan sebagai inspirasi.


Salah satu peserta YPFDC UI Fashion Week 2019 sedang mempresentasikan rancangannya di depan juri. (Image: ArdhaFranstiya/UrbanAsia)


Bagi Ichwan, yang terpenting dalam kompetisi ini adalah bagaimana seorang peserta dapat menvisualisasikan konsep yang ada dengan eksekusi atau hasil akhirnya.

"Bagi saya, dari konsep hingga eksekusi itu penting. Konsep yang sangat tajam itu penting, eksekusi yang tidak jauh dari konsep itu juga penting. Meskipun diberi kreativitas, dikasih bumbu, dikasih twist, eksekusi itu tetap tidak jauh dari konsepnya," paparnya.

Baca juga: Aturan Buat Kamu yang Mau Melakukan High-Low Style Mixing

Dengan demikian, para peserta diharapkan bisa mengejawantahkan pemikiran mereka secara maksimal ke dalam hasil yang riil.

Buat yang penasaran dengan siapa pemenang dari kompetisi ini, tenang saja, guys!

Pengumuman pemenang terbaik untuk kompetisi YPFDC UI Fashion Week 2019 baru akan diumumkan pada hari Minggu, 7 April 2019 mendatang.

So, yuk kunjungi pagelaran fesyen terbesar di tingkat mahasiswa ini! (*)


Penulis: Puji P. Rahayu