Kali Ini, Giliran Para Desainer Terpilih! Berikut Top 10 YPFDC UI Fashion Week 2019

Oleh
Image: UI Fashion Week

Urban Asia - Puncak acara dari UI Fashion Week 2019 sudah semakin dekat nih, guys!

Kalau pada hari Minggu lalu (31/03) telah terpilih top 5 untuk UIFW 2019 Model Hunt, maka sekarang giliran para peserta Young Potential Fashion Designers Competition (YPFDC) yang menunggu-nunggu hasil dari penjurian.

Pada dasarnya, YPFDC merupakan salah satu pra acara dari pagelaran UI Fashion Week 2019 berupa rangkaian lomba rancang desain yang ditujukan untuk para desainer muda yang ingin mengasah kemampuannya di bidang fesyen.

Untuk tahun ini, karya para peserta yang telah dikumpulkan hingga tanggal 29 April 2019 kemarin, berkesempatan untuk dinilai oleh perwakilan dari Indonesia Fashion Chamber (IFC), yakni Ichwan Thoha, Sofie, dan juga Najua Yanti.

Baca juga: Hasil Terbaik Sudah Ditentukan! Ini Top 5 UIFW Model Search 2019

Tentunya, ketiga juri di atas dianggap mumpuni kemampuannya. Sosok Ichwan Thoha pun menjadi sosok yang punya pengalaman tinggi di dunia fesyen.

Selain sebagai desainer fesyen, Thoha juga dikenal sebagai fashion stylist, fashion writer, fashion sketcher, hingga seorang pengajar.

Setelah melalui pertimbangan yang matang, para peserta yang berhasil mengejawantahkan tema ke dalam desainnya terpilih menjadi 10 terbaik dan berikut adalah mereka yang beruntung:

Top 10 YPFDC UI Fashion Week 2019. (image: UI Fashion Week 2019)


Kriteria penilaian yang digunakan oleh panitia dan juri dari YPFDC UI Fashion Week 2019 ini, tidak hanya tentang kesesuaian tema, tapi juga kreativitas, daya pakai dari pakai tersebut, dan juga daya jual. Terakhir, filosofi desain yang dibuat pun juga memiliki peran dalam penilaian ini.

Baca juga: UI Fashion Week 2019 Bakal Hadirkan Karin Novilda di Acara Puncaknya

“Menurut aku, yang membuat 10 orang ini stand out karena design yang mereka buat dan filosofi yang ada di dalamnya. Kualitas dari design juga salah satu nilai utama,” papar Jeihan selaku PR dari UI Fashion Week 2019. “Karena di sini pengin tahu gimana cara mereka memvisualisasikan tema yang kita angkat.”

Well, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai karya mereka, kamu bisa lho hadir untuk menyaksikan presentasi dari masing-masing peserta di acara puncak UI Fashion Week 2019, tepatnya pada tanggal 4-7 April 2019 mendatang.

Selamat untuk 10 peserta terbaik! Selamat berkompetisi! (*)


Penulis: Puji P. Rahayu