Wisata Sambil Olahraga di 7 Spot Hiking Bandung Ini, Weekend Makin Seru!

Oleh
Image: Instagram/@dhifoaksa

Urbanasia- Olahraga apa nih yang biasanya Urbanreaders lakukan di waktu senggang ? Kalau bosan olahraganya gitu-gitu aja, sesekali kamu harus coba nih olahraga baru yang lebih menyenangkan. Yup, kamu bisa coba hiking sambil olah tubuh lho! Buat kamu yang pengen coba, ada 5 spot hiking di Bandung yang bisa kamu coba. Cek list-nya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Pikat Wisatawan, Sail Nias 2019 Siap digelar

1. Hutan Babakan Siliwangi

Dalam kawasan bakakan siliwangi terdapat forest walk yang merupakan jembatan gantung yang menembus hutan kota Baksil. Kamu bisa menyusuri jembatan sepanjang dua kilometer ini sambil berolahraga dan mengolah tubuh untuk hiking yang lebih sulit lagi. Letaknya di Jalan Tamansari, Bandung, dekat dengan Teras Cikapundung. Ada baiknya kamu ke sini waktu pagi dan menghirup udara yang masih segar!


2. Tahura (Taman Hutan Raya)

Wargi Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan kawasan konservasi yang membentang dari Dago Pakar hingga Maribaya ini. Buat kamu yang mau coba hiking ringan, ada dua pilihan jalur berbeda, 5 km dan 7 km. Untuk pilihan pertama, kamu bisa menyusuri jalur yang berakhir di Tebing Keraton sedangkan jalur 7km akan membawamu ke Curug Omas Maribaya. Rindang dan ademnya hutan-hutan di sini akan membuat hikingmu makin berkesan.


3. Wana Wisata Jayagiri

Ternyata kamu gak cuman bisa berwisata menikmati indahnya kawah belerang di Tangkuban Perahu. Kamu bisa juga mencoba hiking di kawasan ini. Kamu akan menyusuri hutan seluas 7 hektar sambil ditemani rimbun hutan pinus dan kebun warga. Ada banyak rute hiking namun lebih baik kamu meminta bantuan orang yang sudah tahu medan agar tidak tersesat. Selain itu kamu juga bisa berkemah lho di sini.


4. Wana wisata batu kuda

Melipir sedikit ke daerah kaki Gunung Manglayang, kamu akan menemukan sebuah batu berbentuk kuda dengan opanjang 15 meter. Gak jauh dari batu kuda ini ada sebuah objek wisata bernama Tangga Seribu. Di sini kamu akan menaiki seribu tangga yang nantinya akan mengantarkanmu menikmati keindahan Bandung Timur dari ketinggian. Seru kan?

Baca Juga: 11 Gunung Paling Indah di Pulau Jawa, Pernah Kamu Kunjungi Nggak Nih?


5. Gunung Putri Lembang

Tenang, meski namanya gunung, medan hiking di sini gak terlalu sulit dan berliku kok. Kamu hanya akan menaiki ratusan tangga sebelum sampai di tengah gunung. Banyak warga Bandung yang biasanya menikmati pemandangan sunrise dan kota Bandung yang baru terbangun di sini. Kamu juga bisa eksplorasi lagi hingga ke puncak gunung Putri yang berjarak kurang lebih 3 km. Selain hiking banyak pula yang berkemah di sini, lho.

Semuanya bisa jadi pilihan yang menyenangkan. Mana nih yang mau kamu coba duluan? 


Penulis: Citra Resmi (Urbanasia Bandung)