Sambut HUT RI Ke-74, Yuk Refreshing ke 6 Destinasi Wisata Jakarta Ini!

Oleh
Pertunjukkan laser air mancur di Monas. (Image: instagram @monumen.nasional)

Urbanasia - Nggak terasa sebentar lagi kita bakal merayakan ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74 nih guys.

Dalam menyambut momen sukacita ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta akan nyiapin banyak acara nih di Monas dan museum-museum Jakarta biar kalian pada nggak bosen.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi, menyatakan diadakannya banyak acara hiburan di museum dan Monas adalah untuk meningkatkan angka kunjungan wisata di Jakarta. 

Penasaran tempat-tempat apa saja yang bakal menyediakan hiburan menarik buat masyarakat? Ini dia daftarnya.

1. Museum Kesejarahan

Di museum ini kamu bisa jalan-jalan sembari mengenang masa lalu nih. Eitss bukan mengenang masa lalu sama mantan ya, tapi masa lalu perjuangan para pahlawan kita.

Museum Kesejarahan tanggal 15 Agustus nanti bakal ngadain napak tilas proklamasi ke Museum Pengasingan Soekarno dan Hatta di Rengasdengklok. Terus tanggal 16 Agustusnya, bakal ada long march dengan rute dari Museum Joang 45 – Museum Perumusan Proklamasi – Tugu Proklamasi. 

Baca Juga: Melihat Indonesia Zaman Prasejarah Sampai Kemerdekaan di Museum Fatahillah

2. Museum Wayang

Tanggal 17 Agustus nanti, Museum Wayang akan menyuguhkan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Kresno Sayemboro” yang dimainkan oleh dalang Ki Pandu Gandang S. 

Acara ini bakal digelar di Lapangan Romsol Wijaya Kusuma, Koramil 03/GP, Jakarta Barat.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Kalau museum satu ini bakal ngadain pameran unggulan dengan tema “Revolusi Fisik Diplomatik Estetik” dari tanggal 8 - 31 Agustus 2019.

Nggak cuma bisa lihat pameran aja, di sini kamu juga bisa ikutan talkshow, workshop, dan gelar kreativitas seni untuk pelajar. 

4. Anjungan Provinsi DKI Jakarta dan Graha Wisata TMII

Buat yang doyan makan bisa banget kamu mampir kesini. Disini itu bakal ada festival kuliner ibu-ibu PKK yang akan berlangsung tanggal 18 Agustus nanti di Anjungan Provinsi DKI Jakarta.

5. Monumen Nasional

Sebagai landmark Jakarta, Monas udah pasti nggak bakal sepi pengunjung, terutama saat Indonesia merayakan ultahnya yang ke-74.

Di Monas bakal ada Festival of Light buat mengulang kesuksesan video mapping Monas pas Asian Games 2018 lalu. 

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan Monas di malam hari, cantiknya lampion warna-warni, dan pertunjukkan laser di air mancur. Acara ini akan berlangsung tanggal 15 -25 Agustus mendatang. 

Baca Juga: Semarakan Asia Afrika Festival 2019: Kenali Lebih Dekat Museum KAA Bandung

6. Acara Musik

Yang namanya hiburan biasanya nggak lengkap kalau nggak ada acar musiknya bukan. 

Itu sebabnya Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu bakal menggelar acara musik buat menghibur kalian semua.

Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu ngadain konser musik dengan tajuk "Konser Merah Putih" di Pulau Pramuka tanggal 17 Agustus nanti. Wali band bakal jadi bintang utama di konser musik ini. 

Sementara Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur akan ngadain BKT Festival tanggal 18 Agustus nanti di Banjir Kanal Timur Rawadas Pondok Kopi.

Di acara ini kalian bisa lihat performance dari band The Fly, Coboy, Caffeine dan Junior Reborn.

Nah, dari sederet acara-acara tadi, yang mana nih jadi pilihanmu urbanreaders?



Penulis: Kintan Lestari