Pantai dan Pulau Terbaik yang Mungkin Belum Kalian Ketahui di Indonesia

Oleh
Sumber: Michal Hlavica/Shutterstock

Urban Asia - Indonesia negara tercinta kita ini memiliki lebih dari 17 ribu pulau, yang selalu menghadirkan destinasi baru untuk warga lokal maupun seluruh wisatawan. Masih banyak pulau-pulau rahasia dan pantai di Indonesia yang mungkin belum kalian ketahui.

Pulau dan pantai merupakan destinasi utama jika berkunjung ke Indonesia, sebuah negara kepulauan teebesar di dunia. Bali masih menjadi tujuan para wisatawan, namun ada beberapa pulau yang memiliki keindahan seperti Bali tapi minus keramaian dan atraksi.

Dari pulau-pulau yang tersebar luas, mari kita simak lebih dalam tentang pulau dan pantai dengan sejuta rahasia di Indonesia, seperti dilansir dari The Culture Trip:
 
1. Kanawa Island


Image: (Tanutkij / Shutterstock)

Sebenarnya ada banyak pulau yang perlu kalian singgahi ketika berpergian ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Dari banyaknya destinasi di sana, Pulau Kanawa menjadi syarat utama yang perlu dikunjungi.

Pulau Kanawa memiliki luas 32 hektar menyajikan pemandangan alam yang sangat menawan sehingga terlihat seperti pulau pribadi. Jadi gak heran kalau Pulau Kanawa sering dijuluki sebagai 'surga kecil'.


2. Kei Islands


Kei Kecil island, Maluku, Indonesia (Image: Stephane Bidouze / Shutterstock)

Kei besar dan Kei kecil merupakan bagian dari keluarga Kepulauan Kei di Maluku Tenggara, Indonesia. Kepulauan Kei Maluku akan menjadi sebuah pengalaman baru yang mungkin akan sangat jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya di Indonesia.

Kalian bakal disambut dengan butir pasir sehalus tepung, jernihnya air laut, halusnya pasir pantai, dan indahnya panorama ciptaan Tuhan terbentang dengan megah bagi pengunjung.


3. Widi Islands


(Image: Kanenori / Pixabay)

Kepulauan Widi berada di Halmahera Selatan, Maluku Utara terus menjadi perbincangan hangat karena keindahannya. Banyak yang menilai Kepulauan Widi sebagai New Maldives alias Maladewa baru, negara yang terkenal karena keindahan laut dan pantainya.


4. Ngetun Beach


(Image: Galih Yoga Wicaksono / Shutterstock)

Pantai selatan di Yogyakarta terkenal karena menjadi tuan rumah beberapa pantai paling eksotis di Pulau Jawa. Bagi kalian yang berkunjung ke Pantai Ngetun, berarti kalian seorang petualang pemberani. Pantai ini diapit oleh bukit-bukit setiap sisinya.

Selain dapat berenang atau menikmati pantai pasir putih yang jernih, fitur panorama alam juga dapat dinikmati dari perbukitan saat berkemah.


5. Weh Island

(Image: Stefanie Weijsters / Flickr)

Pulau Weh adalah pulau di ujung barat nusantara, tempat berdirinya tugu nol kilometer Indonesia. Weh memiliki banyak objek wisata yang akan menyegarkan hati dan pikiran bagi setiap pengunjungnya.

Selain itu, pulau ini memiliki spot menyelam dan snorkeling yang luar biasa. Wisatawan akan disambut oleh pondok-pondok eksotis dan restoran di tepi pantai untuk menikmati matahari terbenam sambil menikmati hidangan laut segar.


6. Pink Beach


(Image: The Trip Guru)

Pantai Tangsi atau lebih dikenal dengan Panta Pink terletak di desa Temeak, Kabupaten Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memiliki pasir merah muda akibat percampuran pecahan karang berwarna merah dengan pasir putih putih.

Daerah ini dikenal dengan kehidupan bawah laut penuh warna. Ada pilihan untuk menyewa pemandu dan perahu untuk membawa kalian menikmati kegiatan snorkeling.


7. Kakaban Island


(Image: Shutterstock)

Pulau ini termasuk bagian dari Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Pulau Kakaban menjadi tempat yang diburu para snorker dan diver mancanegara karena keindahan alam bawah lautnya.

Selain itu, terdapat Ubur-ubur purba atau slingless Jellyfish. Konon, di dunia hanya ada 2 tempat dimana ubur-ubur jenis ini bisa ditemukan, yaitu di Palau, Filipina dan Kakaban, Indonesia.


8. Morotai Island


Corral Garden (Image: JManachim / Shutterstock)

Pulau Morotai terletak di utara Pulau Halmahera, Maluku Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara.

Selain bicara soal keindahan Morotai, ada segudang sejarah dari Perang Dunia II yang membuatnya dijuluki sebagai, “Mutiara di Bibir Pasifik”.


9. Koka Beach


(Image: Danaan / Shutterstock)

Pantai Koka merupakan salah satu pantai di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, pantai ini terletak di pesisir selatan Pulau Flores.

Pantai Koka dikenal sebagai pantai sangat atraktif dengan pemandangan laut yang bersih, air laut yang sangat jernih, hamparan pasir putih lembut membentuk segmen, kiri dan kanan terdapat tebing seperti lukisan natural yang terlihat sangat artistik.


10. Bukit Asah


(Image: Yusnizam Yusof / Shutterstock)

Bukit Asah terletak di Desa Bugbug, Karangasem, Bali. Berjarak sekitar 60 km atau 1,5 jam perjalanan bermotor dari pusat kota Denpasar. Lokasinya dekat dengan jalan utama Karangasem sehingga mudah ditemukan wisatawan.

Daerah ini terpisah dari bagian pulau yang agak ramai oleh perbukitan dan dataran tinggi, tersembunyi dari wisatawan khas Bali. Pemandangan laut dan pantai sudah memukau jika dilihat dari atas tebing.