Di Tahun Ini, 600 'Event' Bakal Padati Jakarta Lho!

Oleh
Jakarta Fashion & Food Festival 2018, salah satu acara festival di Jakarta (Image: Indonesia.travel)

Urban Asia - Hore! Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bakal menambah pergelaran acara Festival Seni Budaya Sepanjang Tahun 2019 tuh guys!

Pengadaan festival ini bermaksud untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di Jakarta.

Jadi, festival Seni Budaya Sepanjang Tahun (FSBST) merupakan rangkaian festival atau pertunjukan seni budaya dengan menyajikan berbagai bentuk karya seni dan budaya berskala Iokal, nasional, atau internasional dengan kekhasan masing-masing.

Selain itu, penyelenggaraan FSBST dapat memberikan pengaruh positif bagi pariwisata di Jakarta, seperti pelestarian dan pengembangan seni budaya, peningkatan ekonomi masyarakat, naiknya kunjungan wisatawan, ekonomi pelaku seni, sebagai bentuk promosi invenstasi di Jakarta dan meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.

Baca juga: Pikirkan Lagi, Kalau Ingin Membuka 3 Bisnis Usaha Ini di Jakarta

Pertunjukan seni budaya yang dapat menjadi bagian dari FSBST meliputi festival religi, pertunjukan kesenian dan kebudayaan, dan festival ulang tahun Jakarta.

Disparbud DKI Jakarta sendiri sudah menyelenggarakan Festival Pecinan Tahun 2019 yang diselenggarakan di Glodok, Jakarta Barat pada bulan Februari lalu.

Berbagai macam atraksi ditampilkan di festival tersebut, dari Barongsai, Gambang Kromong, Wayang Potehi hingga Pagelaran Tari.

Penyelenggaraan event Java Jazz Festival juga berhasil menyedot ribuan massa sukses digelar awal tahun.

Baca juga: 5 Jalan Jakarta yang Memakai Inisial Nama Pahlawan Nasional

Enggak berhenti disitu lho! Di sepanjang tahun 2019 Disparbud DKI bersama para penyelenggara event akan kembali menggelar sejumlah event, seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jakarnaval, Jakarta Fashion and Food Festival, Jakarta Great Sale, We The Fest, Inacraft, International Indonesia Motor Show (IIMS) dan dipenghujung tahun akan ditutup dengan Big Bang yang akan menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang ke Jakarta.

Nah sebelumnya, selama tahun 2018 sebanyak 528 event berhasil diselenggarakan, melonjak lebih dari 200 persen dibandingkan dengan tahun 2017 yang hanya ada 167 event. 

Baca juga: 10 Year Challenge, Perubahan Wajah Jakarta Sekarang

Paling banyak diselenggarakan adalah event acara musik dan pameran, untuk tahun 2019 diproyeksi 600 event akan kembali hadir. 

"Dengan adanya Pergub 18 Tahun 2019, diharapkan pada tahun ini ada kenaikan jumlah penyelenggaran sebanyak 20 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Festival dan event yang diselenggarakan sudah melalui tahap kurasi oleh tim kurator, dengan harapan akan menghasilkan festival berskala internasional. Selain itu ada pemberian insentif dalam bentuk fiskal dan non fiskal juga kepada pihak penyelenggara festival yang terpilih melalui proses kurasi," jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi melaui surat keterangan tertulisnya yang diterima UrbanAsia,  Jumat (22/3).