Ayah Saya Menjelajahi Indonesia pada Tahun 1900

Oleh
Sumber: Youtube/MichaelRogge

Urban Asia - Seorang fotografer asal Belanda, Michael Rogge menceritakan sedikit perjalanan sang ayah saat menjelajahi Indonesia pada tahun 1900.

Rogge memang dikenal sebagai seorang pembuat film dokumenter nih. sejumlah karyanya selalu ia publikasikan di akun YouTube-nya, misalkan suasana pasca Perang Dunia II di beberapa negara seperti Hongkong dan Jepang.

Nah dari beberapa karyanya, ia mempublish kumpulan foto berbentuk video ketika ayahnya menjelajahi Indonesia di sekitar tahun 1900-an, pada 21 Mei 2009 silam. Dengan begitu kan, kamu bisa membayangkan bagaimana keadaan Indonesia 118 tahun yang lalu.

Dalam videonya berdurasi 4 menitan dan berjudul "My father explored Indonesia in 1900" tersebut, Rogge menjelaskan catatan singkat dari biografi sang ayah.

“Ayah saya bepergian sendiri ke Indonesia pada tahun 1891 dan menjadi penanam teh pembantu. Dia tertarik,” tulis Rogge.

Lebih lanjut Rogge menjelaskan saat ayahnya mulai menjelajahi kekayaan Indonesia, ayahnya menemukan ladang minyak dan berlian.

“Dalam geologi dan mulai menjelajahi kekayaan Indonesia. Dia memperoleh konsesi untuk ladang minyak, berlian, mangan dan mineral lainnya. Ketika dia kembali ke Belanda pada tahun 1926 dia bertemu ibu saya,” terangnya.

“Karena kelahiran saya, dia menunda kembali ke konsesinya sampai dia kehilangan semua uangnya di tabrakan Wall Street dan tidak dapat kembali. Kami dibesarkan di Belanda di tangan keluarga. Dia selalu bermimpi tentang negara tercantik di dunia, dihuni oleh orang-orang paling baik, sebagaimana yang dia sebut: Indonesia!,” tambah Rogge lagi.

Berikut foto-foto ayah Rogge saat berada di Indonesia:



“Ketika ayah saya berumur 16 tahun dia harus melakukan perjalanan dari Belanda ke Indonesia untuk bergabung dengan orang tuanya”



 “Ia bertemu dengan mereka pada tahun 1893 di Batavia, sekarang Jakarta”


“Dia dibuat untuk bekerja sebagai penopang membantu mereka”



“Sesekali dia bertemu saudaranya di Jawa”



“Dia belajar Bahasa”



“Sekitar tahun 1900 ia menjadi penjelajah setelah kekayaan Indonesia”



“Dan dilalui Borneo (Kalimantan) dengan Dajak kuli”





“Dia menemukan minyak dan berlian"




"Dia memperoleh konsesi, berlayar dengan sekunar untuk merayakannya"






“Akhirnya dia bisa membeli rumah di Weltevreden, sekarang Bogor”



“Dan mobil spikier”



"Jalanan buruk membawa ban yang bocor"



"Beberapa temannya datang dengan mobil Mathis mereka bersama"



"Menghadiri pesta koktail"


Versi lengkapnya dibawah sini!