5 Destinasi Seru yang Bisa Kamu Eksplor di Taman Hutan Raya Dago Bandung

Oleh
Image: @warmanwardhani

Urbanasia - Jalan-jalan pagi sambil menikmati alam bisa jadi salah satu solusi buat ngisi weekend nih. Selain bisa melepaskan penat dan menenangkan pikiran, kamu juga bisa sambil olahraga ringan. Nah, salah satu tempat yang bakal Urbanasia rekomendasiin adalah Taman Hutan Raya Ir H Djuanda yang asri.

Taman hutan ini diresmikan pada tanggal 14 Januari 1985, bertepatan dengan hari kelahiran Bapar Ir H Juanda. Saat itu pula jadi taman hutan raya pertama di Indonesia, lho. Urbanreaders cukup merogoh kocek sebesar Rp12.000 aja untuk menikmati keindahan alam dan sejuk udaranya. Nah, di dalamnya juga terdapat beberapa obyek wisata yang bisa kamu kunjungi. Penasaran nggak apa aja? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Curug Dago


Curug Dago (Image: Mooibandoengwordpress)

Curug jadi keindahan alam favorit warga Bandung. Salah satunya yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Dago yang berada di kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Curug ini memiliki tinggi kurang lebih 15 meter, merupakan hasil letusan Gunung Tangkuban Perahu. Menariknya, keindahan curug yang berasal dari sungai Cikapundung ini dilengkapi dengan 2 buah prasasti peninggalan kerjaan Thailand. Wah, menarik buat di eksplor nggak sih?

Baca Juga: Mengenal Kirab Nyawiji Sengkuyung Bumiaji, Wujud Keharmonisan Masyarakat Kota Batu

Curug Omas

Selain Curug Dago yang jadi primadona, ada pula Curug Omas yang hadir dengan ketinggian 30 meter dan kedalaman 10 meter. Gemericik air dan kesejukannya sempurna banget buat menenangkan jiwa dan hilangkan penat. Menariknya, dasar curug ini merupakan pertemuan dua aliran sungai yakni Sungai Cikawari dan Sungai Cikapundung.

Gua Belanda

Selain curug adapula gua yang bisa kamu kunjungi. Yap, sesuai namanya gua ini merupakan terowongan yang pernah digunakan oleh tentara Belanda saat perang kemerdekaan. Ada 15 terowongan sepanjang 144 meter yang bisa kamu telusuri. Gua ini juga sering jadi destinasi buat uji nyali, tertarik buat coba?

Gua Jepang

Sepasang dengan gua Belanda, sesuai dengan namanya, gua Jepang memiliki fungsi awal sebagai markas dan gudang senjata tentara Jepang. Terdapat 4 pintu da 2 saluran udara dalam gua ini. Selain dijadikan tempat wisata sejarah, gua ini juga digunakan sebagai tempat uji nyali para pengunjung.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Berwisata Ala-ala Jepang di Kota Batu

Museum Taman Hutan Raya Ir H Juanda

Seru nih, selain menyediakan wisata alam memesona, ada pula wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi seperti Museum Ir. H. Juanda ini. Dalam museum tersebut terdapat berbagai piagam penghargaan dan benda-benda pribadi peninggalan pahlawan nasional kelahiran Tasikmalaya pada 14 Januari 1911 tersebut. Ada pula koleksi herbarium serta artefak purbakala yang ditemukan di sekitar lokasi Tahura, lho.

Satu hal yang menarik adalah prasati peninggalan Kerajaan Thailand yang ada di Curug Dago. Sayangnya keadaannya kini mulai mengkhawatirkan. Pemprov Jabar pun bekerja sama dengan pengelola untuk segera merevitalisasinya. Semoga cepat terlaksana, ya! 


Penulis: Citra Resmi (Urbanasia Bandung)