Siapa Saja Kini Bisa Bikin Filter Wajah Instagram

Oleh
(Image: Instagram)

Urbanasia - Facebook membuka Spark AR Studio bagi seluruh pengguna Instagram. Kendati masih beta publik, platform augmented reality (AR) ini memungkinkan siapapun membuat filter wajah dan efek lainnya untuk Instagram Stories.

Sejak 2018, pengguna Instagram dimungkinkan menggunakan fitur filter AR di postingan Stories. Filter tersebut dibuat oleh kreator yang dipulikasi agar bisa dicoba oleh pengguna.

Dalam membuat filter tersebut, para kreator menggunakan Spark AR Studio. Dulunya aksesnya terbatas, jadi tidak semua orang dapat menggunakannya, hanya mereka yang berstatus kreator Instagram saja.

Nah karena kini sudah dibuka, tidak ada salahnya kamu bikin filter AR. Langkah-langahnya sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Spark AR

2. Instal Spark AR di komputer, bisa di perangkat Windows ataupun macOS

3. Kita bisa langsung menjalankan Spark AR


(Image: Instagram)

Baca Juga: Instagram Buka Lowongan Jadi Ahli Meme, Minat?

Bagi kamu yang baru, tersedia tutorial lengkap di situs Spark AR Studio (link https://sparkar.facebook.com/ar-studio/learn/documentation/guides). Ada banyak pilihan yang bisa kamu pelajari, mulai dari filter 2D, 3D hingga memasukan audio di dalamnya.

Setelah filter AR sudah berhasil dibuat, kemudian diupload ke Spark Hub. Kamu akan diminta memilih filter akan diupload ke Instagram atau Facebook.

Pihak Facebook akan melakukan peninjauan. Bila dianggap sesuai ketentuan maka filter dapat dipublikasi sehingga dapat digunakan secara luas.



Penulis: Afid Ahman