Sembilan Perusahaan Terpilih Ini Bakal Terbang ke Mars Bersama NASA

Oleh
Permukaan bulan (Image: NASA Goddard)

Urban Asia - NASA telah menggandeng perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) untuk bergabung dalam perjalanannya ke bulan Mars.

Agensi perjalanan ke luar angkasa tersebut secara resmi memperkenalkan sembilan mitra baru dalam merancang dan membangun pendaratan di bulan dengan tujuan memfasilitasi eksplorasi ilmiah bulan.

Selain menentukan 9 perusahaan terpilih pada Kamis (29/11) kemarin, Administrator NASA Jim Bridenstine juga mengumumkan bahwa tujuan perjalanannya ke bulan adalah bagian dari sains birokrasi NASA dan bukan bagian eksplorasi manusia.

Perusahaan terlibat diharapkan mampu bersaing dalam menghadirkan sebuah eksperimen sains NASA saat berada di permukaan bulan, untuk mendaratkan lunar pada peluncuran roket yang sudah dibeli dari perusahaan komersial lainnya.

Disisi lain, NASA tidak akan sendirian dalam mempekerjakan perusahaan-perusahaan ini. NASA  berharap untuk perjalanan itu, mampu memacu pembangunan yang dapat dimanfaatkan oleh sektor komersial.

"Kami ingin menjadi pelanggan pertama, bukan hanya pelanggan," ujar Kepala Direktur Misi Sains NASA, Thomas Zurbuchen, seperti dikutip dari Space.com, Jumat (30/11)

Namun NASA tidak menjelaskan secara rinci tugas dari 9 perusahaan terpilih, seperti Astrobotic Technology Inc., Deep Space Systems, Draper, Firefly Aerospace Inc., Intuitive Machines LLC, Lockheed Martin Space, Masten Space Systems, Inc., Moon Express dan Orbit Beyond.

Ketika ditanya informasi apa yang harus diberikan perusahaan untuk berpartisipasi dalam program dan bagaimana NASA memilih pemenang, Zurbuchen tidak membahas secara spesifik.

"Kami memiliki kriteria yang sangat luas," katanya, seraya menambahkan bahwa kriteria tersebut "mengajukan pertanyaan tentang kewajiban perusahaan secara keseluruhan, kemungkinan mereka untuk dapat memberikan layanan ini, tetapi kami tidak masuk dalam hubungan yang sangat mendalam. untuk kemampuan teknis."

Dilansir dari Space, NASA berencana untuk program Lunar Payload Services Komersial secara keseluruhan untuk mencakup kontrak hingga $ 2,6 miliar selama 10 tahun.

Setiap perusahaan akan menerima minimal $ 25.000 melalui program, dengan nilai masing-masing kontrak bervariasi sesuai dengan layanan yang akan disediakan perusahaan.