Awas, Ada Malware Berpotensi Serang Kamera DSLR

Oleh
Image: The Verge

Urbanasia - Nggak hanya komputer dan smartphone yang diincar Ransomware. Kamera DSLR pun ternyata tak luput terkena serangan malware tersebut.

Para peneliti dari Check Point Software Technologies mendapati hacker dapat meretas dengan mudah dan menanamkan malware di kamera digital dari jarak jauh. Dia menggunakan metode Picture Transfer Protocol.

Baca Juga: Tersedia di iPhone dan Android, Yuk Coba Fitur AR di Google Maps!

Metode tersebut dapat memanfaatkan Wi-Fi maupun USB untuk menyebarkan malware. Ketika individu dengan titik akses Wi-Fi yang terinfeksi dapat menyebarkannya di tujuan wisata untuk melakukan serangan, atau menginfeksi PC pengguna lain.




Peneliti bernama Eyal Itkin mengatakan kamera bisa menjadi target yang sangat baik bagi peretas, penuh dengan gambar pribadi yang penting. Jadi ketika peretas berhasil melakukan serangan ransomeware, dia dapat meminta uang sebagai kode untuk membuka file.

Menguatkan hal itu Eyal kemudian mendemonstraokan serangan Rensomeware pada  Canon EOS 80D melalui Wi-Fi. Malware mengenkripsi gambar pada kartu SD sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya.

Baca Juga: 4 Aplikasi Editing Bikin Video Kamu Makin Kece

Terkait Canon ini, Check Point Software  telah menginformasikan kepada vendor kamera asal Jepang itu akan temuan kerentanan pada Mei lalu. Canon kemudian mengembangkan patch keamanan.

Belum lama ini juga Canon menganjurkan para penggunanya untuk mengindari jaringan WiFi tanpa keamanan. Lalu mematikan fungsi jaringan begitu tidak dimgunakan dan terpenting menginstal patch keamanan.(*)


Penulis: Afid Ahman