Alasan Kenapa Harus Membersihkan Layar Smartphone Secara Rutin

Oleh

Urban Asia - Karena smartphone menjadi genggaman setiap hari, maka perlu diperhatikan nih agar kondisi layar selalu bersih dari debu dan ceplakan sidik jari maupun wajah saat sedang menelpon.

Menurut Reader's Digest, layar pada smartphone terlalu sensitif pada lingkungan dan bakteri, jika dibandingkan dengan toilet.

Bahkan layar ponsel bisa menjadi tempat berkembang biak kuman. Kondisi seperti itu, memungkinkan menimbulkan jerawat dan komedo di wajah saat sedang menerima panggilan telepon.

Seorang spesialis menular di Sanford Health, Fargo North Dakota, Dubert Guerrero mengatakan bersihkan smartphone secara teratur.

"Perangkat seluler Anda adalah sesuatu yang ingin Anda bersihkan secara teratur," ujar Dubert Guerrero seperti dikutip The Jakarta Post dari New York Times.

Selain ponsel, layar tablet dan perangkat lainnya bisa juga menjadi tempat tinggal kuman, sehingga rentan terhadap penyakit.

Nah solusi membersihkan layar ponsel secara teratur bisa memakai kain microfiber basah untuk menghilangkan bakteri biasa.

Tapi kalau mau menghilangkan bakteri yang dianggap tidak bisa dihilangkan menggunakan kain basah, kamu bisa manfaatkan cairan seperti kayu putih, minyak telon maupun tisu basah.

Bakteri di smartphone dapat menyebabkan penyakit seperti diare dan peradangan usus besar, jadi kudu hati-hati.

"Perangkat itu bisa menjadi sumber penularan penyakit bukan menjadi bahan perdebatan lagi," jelas Guerrero.