Man United Vs Chelsea: Debut Frank Lampard Berakhir Tragis!

Oleh
Image: Instagram @chelseafc

Urbanasia - Frank Lampard mendapati debutnya sebagai manajer Chelsea tidak berakhir manis dan malah tragis. Ini setelah The Blues dibantai 0-4 oleh Manchester United.

Lampard ditunjuk menggantikan Maurizio Sarri musim panas lalu. Prestasinya bersama Derby County di Championship jadi alasan mengapa Chelsea mengontraknya.

Dengan kepiawaian Lampard meracik tim berisikan pemain muda, Chelsea tentu berharap banyak. Pasalnya, mereka tak bisa belanja di musim panas ini karena skorsing FIFA.

Alhasil, Chelsea harus memberdayakan pemain-pemain mudanya yang kembali dari masa pinjaman seperti Mason Mount, Tammy Abraham, dan lainnya. Setelah sesi pramusim yang terbilang oke, Chelsea dalam kepercayaan diri tinggi menyambut musim baru.

Baca juga: Tottenham vs Aston Villa: Harry Kane Akhiri Kutukan Pekan Pertama!

Meski lawannya pun terbilang berat, yakni Manchester United di Old Trafford, Minggu (11/8/2019) malam WIB. Chelsea menunjukan performa oke di awal pertandingan, dengan menciptakan beberapa peluang, salah satunya sepakan Abraham yang membentur tiang.

Sayangnya, lini belakang Chelsea yang dikawal Anders Christensen dan Kurt Zouma banyak melakukan kesalahan elementer yang menguntungkan MU. Salah satunya ketika Zouma melanggar Marcus Rashford pada menit ke-17 dan berbuah penalti yang membawa MU unggul 1-0.

Pada babak kedua, lini belakang Chelsea makin tidak karuan yang membuat Paul Pogba, Rashford, dan Anthony Martial mudah mengoyak-ngoyak. Hasilnya dalam tempo dua menit, MU sudah unggul 3-0 lewat gol Martial serta Rashford di menit ke-65 dan ke-66.

Baca juga: Baru Pekan Pertama, Arsenal Sudah Menang Tandang dan Clean Sheet

Gol pamungkas MU yang dicetak Daniel James juga tak lepas dari bagaimana pertahanan Chelsea terlalu fokus dengan Pogba. Bola bebas diberikan kepada James dan mudah saja menceploskan ke gawang Kepa Arrizabalaga.

Kalah 0-4 pada laga debut Lampard, Chelsea mencatatkan sejumlah rekor buruk seperti kekalahan terburuk di awal musim sepanjang 104 tahun sejarah klub. Kekalahan terburuk juga yang didapat manajer baru Chelsea, sejak Danny Blanchflower memimpin Chelsea kalah 2-7 atas Middlesbrough di tahun 1978.

Lalu, ini juga adalah kekalahan terburuk dalam karier Lampard di sepakbola, setelah saat memperkuat West Ham United April 2000. Saat itu Lampard juga dikalahkan MU dengan skor 1-7.

Baca juga: Buka Musim, Man United Pesta Gol ke Gawang Chelsea

Selain itu, Lampard juga jadi manajer dengan debut terburuk di Premier League, setelah Gustavo Poyet bersama Sunderland pada Oktober 2013. Saat itu Sunderland dikalahkan Swansea City 0-4.

Makin membuat debut Lampard suram adalah ini jadi kali pertama Chelsea berada di zona degradasi setelah 30 September 2000. Bisakah, Lampard membawa Chelsea bangkit? Kita tunggu saja.


Penulis: Rezki Maulana