Istanbul Simpan Memori Indah untuk Liverpool

Oleh
(Image: instagram @uefa)

Urbanasia - Liverpool tentu berkeinginan untuk merebut trofi Piala Super Eropa di Istanbul. Sebab, kota itu menyimpan memori indah untuk The Reds dan suporternya.

Liverpool sebagai juara Liga Champions akan menantang Chelsea selaku juara Liga Europa di Vodafone Stadium, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB nanti. Duel seru pasti akan tercipta mengingat mereka ingin menasbihkan diri sebagai tim Inggris terbaik di Eropa tahun ini.

Liverpool tentu lebih diunggulkan dengan kualitas skuat yang dimiliki dan juga menilik hasil di laga pembuka Liga Inggris kemarin, menang 4-1 atas Norwich City. Sementara itu, Chelsea baru saja dibantai 0-4 oleh Manchester United.

Apalagi kota yang menjadi tempat perhelatan turnamen ini, Istanbul, bertuah untuk Liverpool. Suporter mereka tentu takkan lupa kejadian di Mei 2005 saat Liverpool menghadapi AC Milan di final Liga Champions.

Tertinggal 0-3 di babak pertama, Liverpool yang nyaris putus asa malah melakoni comeback luar biasa dengan menyamakan skor jadi 3-3. Pada akhirnya Liverpool menang adu penalti 3-2 dan merebut trofi Liga Champions kelimanya.

Baca Juga: Liverpool Vs Chelsea: Berebut Piala Super Eropa di Istanbul


Ini tercatat sebagai salah satu final paling dramatis sepanjang sejarah kompetisi itu, selain Anda tentu tahu kemenangan Manchester United 2-1 atas Bayern Munich tahun 1999 lewat dua gol di menit-menit akhir.

Kini dengan aura Istanbul yang positif, Liverpool berharap dewi fortuna berpihak pada mereka kali ini.

"Saya tahu Istanbul begitu istimewa untuk setiap suporter Liverpool," ujar Klopp seperti dikutip Eurosport.

"Tidak ada satupun yang melupakan laga tahun 2005, tapi para pemainnya saat ini sudah berbeda, kami tidak lagi sama - kami adalah tim 2019/2020 dan bagus juga kok!," lanjutnya.

"Istanbul tempat yang hebat untuk sepakbola. Saya bermain di sini sekali bersama Dortmund dan atmosfernya brilian. Ada komunitas suporter Liverpool yang besar di Turki sini dan itu membuat laga terasa spesial juga."

"Kami semua segar, kami ingin bermain, dan semoga saja ini bisa jadi tempat yang spesial untuk tim ini," tutup Klopp.



Penulis: Rezki Maulana