Frank Lampard Jadi Pecundang Lagi di Piala Super Eropa

Oleh
(Image: Instagram @chelsea_supporter)

Urbanasia - Tiga kali tampil di Piala Super Eropa, tiga kali pula Frank Lampard merasakan kekalahan. Piala Super Eropa memang bukan rezekinya Super Frank.

Lampard berambisi membawa Chelsea menjuarai kompetisi itu untuk pertama kalinya setelah 1998. Ini juga untuk menghapus duka usai dibantai 0-4 oleh Manchester United di pekan pembuka Premier League.

Menghadapi Liverpool selaku jawara Eropa di Vodafone Stadium, Kamis (15/8) dini hari WIB, Chelsea bermain lepas tanpa beban dan justru mampu merepotkan The Reds.

Chelsea bahkan unggul duluan di babak pertama lewat gol Olivier Giroud pada menit ke-36. Namun, Sadio Mane menyamakan skor di menit ke-48 sebelum laga dilanjutkan ke babak extra time 2x15 menit.

Baca Juga: Man United Vs Chelsea: Debut Frank Lampard Berakhir Tragis!

Chelsea lantas tertinggal 1-2 oleh gol kedua Mane di menit ke-94 sebelum disamakan berkat penalti Jorginho enam menit setelahnya. Laga harus dituntaskan lewat adu penalti dan Chelsea pun kalah dengan skor 4-5.

Kegagalan Tammy Abraham menaklukkan Adrian San Miguel menjadi petaka untuk Chelsea dan juga Lampard. Bagi Lampard, kekalahan ini meneruskan catatan buruknya di ajang ini.

Sebelumnya saat masih jadi pemain Chelsea, Lampard dua kali beruntun membawa klub London Barat itu tampil di Piala Super Eropa. Sayangnya dua-duanya berujung kekalahan.

Pada 2012, Chelsea yang jadi juara Liga Champions takluk dengan skor telak 1-4 dari Atletico Madrid. Lampard saat itu gagal tampil oke.

Baca Juga: Tiga Hal yang Bikin Lampard Cocok di Chelsea

Setahun kemudian Lampard kembali tampil jadi starter untuk Chelsea di ajang yang sama. Berstatus  juara Liga Europa, Si Biru juga kalah adu penalti dengan skor 4-5 dari Bayern Munich.

Kebetulan skor selama 120 menit juga sama dengan tahun ini, yakni 2-2.

Uniknya ada yang identik pada kekalahan Chelsea di adu penalti ini. Pada 2013, kekalahan karena kegagalan penalti pemain muda, yakni Romelu Lukaku. Enam tahun berselang giliran Abraham.

"Terkadang sepakbola itu hanya butuh sedikit keberuntungan. Kami punya banyak peluang dan bermain sangat baik. Saya sangat bangga," ujar Lampard di Eurosport.(*)

Penulis: Rezki Maulana