Debut Manis Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka Bersama The Red Devils

Oleh
Image: Instagram @harrymaguire93

Urbanasia - Manchester United harus mengeluarkan uang banyak untuk mendatangkan Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka. Harga mahal itu dibayar lewat performa apik lawan Chelsea.

Lini belakang jadi masalah serius MU musim lalu ketika mereka kebobolan 54 gol, terbanyak di antara penguhin delapan besar. Alhasil, mereka gagal lolos ke Liga Champiosn dan tidak meraih satu pun trofi.

Untuk mengatasi masalah itu, manajemen MU bergerak cepat di bursa transfer dengan mengeluarkan uang lebih dari 100 juta paun hanya untuk mendatangkan dua pemain, yakni Wan Bissaka dari Crystal Palace dengan banderol 50 juta paun dan Harry Maguire dengan banderol 80 juta paun.

MU jadi klub Inggris terboros ketiga pada bursa transfer lalu. Meski demikian, transfer MU itu juga mendapat kritik keras karena mereka belum bisa menuntaskan masalah di sektor lain.

Baca juga: Lega! Man City Selamat dari Sanksi Transfer FIFA

Tapi, melihat pertandingan perdana kontrak Chelsea, MU setidaknya punya harapan besar berbicara banyak musim ini, terutama di sektor belakang. Pada laga yang dihelat di Old Trafford, Minggu (11/8/2019) malam WIB kontra Chelsea, MU menang telak empat gol tanpa balas.

MU memang berada di bawah tekanan Chelsea yang punya attempts lebih banyak, 18 berbanding 11 dan tujuh mengarah ke gawang. Tapi, performa hebat Maguire dan Wan-Bissaka jadi alasan mengapa Chelsea frustrasi.

Maguire secara khusus mendapat sorotan karena dia mampu mengatur lini belakang MU dengan sangat baik dan mampu meredam setiap serangan Chelsea. Dia punya 7 clearence, 2 blok, dan 4 intersepsi sepanjang 90 menit menurut catatan Whoscored. Catatan itu terbaik di antara bek-bek lain.

Sementara, Wan-Bissaka punya 4 tekel, 5 clearence, dan 3 intersepsi. Alhasil, MU pun mendapat clean sheet pertamanya di Premeir League sejak Februari.

Baca juga: Istanbul Simpan Memori Indah untuk Liverpool

Memang musim masih panjang dan apapun bisa terjadi, tapi MU setidaknya bisa berharap banyak pada Maguire serta Wan-Bissaka untuk memenuhi target finis empat besar.

"Saya tahu seberapa bagus mereka baru sekarang ini. Belum lama, tapi saya tahu mereka tak terganggu dengan harga mahalnya. Sepakbola sudah gila tapi begitulah pasar. Mereka punya kepala yang dingin, Harry sudah pernah bermain dengan beberapa pemain ini sebelumnya. Jika Anda pemain yang bagus, Anda akan bisa langsung beradaptasi," tutur manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, seperti dikutip BBC.


Penulis: Rezki Maulana