Buka Musim, Man United Pesta Gol ke Gawang Chelsea

Oleh
Image: Instagram/@manchesterunited

Urbanasia - Manchester United mengawali musim 2019/2020 dengan sangat impresif. Menghadapi Chelsea, The Red Devils menang telak 4-0.

Ini jadi ujian untuk Ole Gunnar Solskjaer yang akan menjalani musim penuh pertamanya sebagai manajer MU. Apalagi, menjelang akhir musim kemarin, performa MU berantakan dan membuat mereka gagal ke Liga Champions.

Perombakan terjadi dengan mendatangkan tiga pemain, Daniel James, Aaron Wan-Bissaka, dan Harry Magurei, yang menghabiskan dana sekitar 145 juta paun. Ini semua demi menaikkan lagi performa tim di musim ini.

Baca Juga: Waduh Jak Mania, Persija Belum Bisa Keluar dari Zona Degradasi

Sementara, Chelsea juga setali tiga uang karena mereka ditinggal manajernya Maurizio Sarri usai menjuarai Liga Europa dan finis tiga besar. Selain itu, Chelsea juga dibebani dengan skorsing transfer dua periode.

Tanpa adanya pembelian pemain baru di musim panas ini, Chelsea berharap banyak pada pemain pinjaman yang kembali plus para pemain muda dari akademi. Apalagi mereka juga kehilangan Eden Hazard.

Maka dari itu laga di Old Trafford, Minggu (11/8/2019) malam WIB, jadi ujian untuk Frank Lampard sebagai manajer baru menghadapi Solskjaer. Dicatat ESPN, MU sebenarnya kalah dalam penguasaan bola, 46 persen berbanding 54 persen.

Bahkan Chelsea unggul dalam penciptaan peluang, 18 attempts berbanding 11 attempts. Selain itu, Chelsea juga punya tujuh attempts on goal sementara MU hanya punya lima on target.

Meski demikian, MU bermain lebih efektif dan mampu merepotkan Chelsea. Alhasil, mereka sudah unggul pada menit ke-18 ketika Kurt Zouma melanggar Marcus Rashford. Rashford sendiri yang mengambil penalti dan mengirimkan bola ke sudut atas tanpa bisa dijangkau Kepa Arrizabalaga.

Gol itu boleh jadi membuat kepercayaan diri pemain Chelsea menurun mengingat mereka sebenarnya menguasai pertandingan. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan MU.

MU masih ditekan Chelsea di awal babak kedua, tapi mereka cerdik dengan memaksimalkan serangan balik. Lini pertahanan Chelsea yang tinggi jadi santapan empuk Rashford dan Anthony Martial yang mengandalkan kecepatan.

Gawang Kepa kembali bobol pada menit ke-65 ketika serbuan dari sisi kanan berhasil membongkar pertahanan Chelsea. Anders Pereira memberikan umpan tarik dan Martial dengan mudah menyonteknya di tiang dekat.

Belum sampai dua menit, MU kembali menghukum Chelsea lewat serangan balik. Kali ini Paul Pogba melihat celah di barisan belakang Chelsea dan mengirim umpan lambung yang diterima Rashford untuk dituntaskan lewat sepakan jarak dekat.

Tertinggal tiga gol, Chelsea berupaya bangkit dan memasukkan Christian Pulisic. Tapi, usaha itu sia-sia karena MU sudah menyaman menguasai pertandingan dan Chelsea terlihat kebingungan.

Baca Juga: Mohamed Salah Nggak Masuk Nominasi Pemain Terbaik Liga Champions, Kok Bisa?

Chelsea kian tertunduk lesu keluar dari Old Trafford ketika Daniel James yang masuk sebagai pemain pengganti menggenapkan kemenangan MU jadi 4-0. Dari serangan balik, Pogba mengirim umpan kepada James dan dia menuntaskan dengan tendangan kaki kanan, yang sempat membentur bek lawan.

MU benar-benar mengejutkan di pekan pertama dan langsung tancap gas. Bisakah performa itu dipertahankan? Sementara Chelsea dan Lampard punya banyak PR untuk dikerjakan jika tak ingin kekalahan ini terjadi lagi.(*)


Penulis: Rezki Maulana