Baru Pekan Pertama, Arsenal Sudah Menang Tandang dan Clean Sheet

Oleh
Image: Instagram @arsenal

Urbanasia - Arsenal sepertinya berpotensi untuk menjalani musim yang oke kali ini. Sebab, The Gunners sudah menang di kandang lawan dan bahkan clean sheet di pekan pertama.

Sepanjang musim lalu, Arsenal punya rekor buruk pada partai tandang. Hanya satu clean sheet dicatatkan yakni saat menang 1-0 atas Watford 15 April. Clean sheet itu bahkan dicatatkan ketika musim sudah memasuki sepertiga akhir.

Alhasil mereka pun gagal finis empat besar dan itu jadi salah satu alasannya. Maka beban berat dihadapi Arsenal ketika harus mengawali musim di kandang Newcastle United pada pekan pertama musim 2019/2020, Minggu (11/8/2019) malam WIB.

Newcastle di bawah arahan manajer baru, Steve Bruce, jadi ujian untuk Arsenal di St James' Park. Manajer Unai Emery membuat kejutan karena tidak memainkan pembelian termahalnya, Nicolas Pepe, sejak awal dan menyimpan beberapa pemain top di bangku cadangan.

Baca juga:

Bermain di markas lawan, Arsenal awalnya kesulitan menembus ketatnya pertahanan Newcastle. Bahkan tuan rumah beberapa kali mengancam, salah satunya lewat Jonjo Shelvey yang menerpa tiang gawang Bernd Leno.

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Masuk di babak kedua, Arsenal balik menyerang Newcastle dan tak memberikan kesempatan lawan mengembangkan permainan.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-58 saat kesalahan oper saat membangun serangan membuat pertahanan Newcastle bolong. Ainsley Maitland-Niles merebut bola dan melakukan sprint hingga pertahanan lawan,

Dia lantas memberikan umpan tarik kepada Pierre-Emerick Aubameyang dan dengan dingin, dia menceplsokan bola ke gawang Martin Dubravka. Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Baca juga:

Arsenal pun langsung meraup tiga poin di partai pertamanya, sesuatu yang baru bisa mereka lakukan di pekan ketiga musim lalu. Tak hanya itu, Arsenal juga langsung mencatatkan clean sheet di kandang lawan, setelah hanya sekali sepanjang musim lalu.

Untuk kali pertama juga, Arsenal tak kebobolan di partai pembuka sejak mengalahkan West Bromwich Albion 1-0 pada musim 2008/2009. Selain itu, tim London Utara itu memenangi dua partai tandang beruntun sejak Oktober 2018.


Penulis: Rezki Maulana