Wah! Ada Wahana Edukasi ‘Gempa’ di Floating Market Lembang, Lho

Oleh
Image: Instagram/@kota_mini

Urbanasia - Siapa Urbanreaders yang udah pernah berkunjung ke destinasi wisata hits di Lembang ini? Saat weekend, Floating Market ini sering dipenuhi oleh para wisatawan luar kota, lho.

Tempat ini jadi wisata favorit para keluarga karena beragam fasilitas yang ada di dalamnya.

Kali ini, ada wahana baru yang bisa dikunjungi di dalam Kota Mini Floating Market. Uniknya, wahana ini mengusung tema ‘gempa bumi’.

Jadi, para anak-anak yang berkunjung bakal diajak bermain simulasi guncangan gempa berkekuatan sembilan magnitudo, wah!

Baca juga: Selain Sesar Lembang, Ada Sesar Baribis yang Konon Bisa Picu Gempa Besar di Jakarta

Rumah gempa ini merupakan ruangan dengan ukuran 2x3 meter persegi yang didesain seperti ruangan dalam sebuah rumah. Lengkap dengan perabotan dan layar proyektor di dalamnya.

Nah, permainan ini bertujuan melatih upaya pengurangan risiko bencana dan mengenal kondisi gempa bumi.

Nah, wahana edukasi ini bisa menambah wawasan anak-anak seputar kegempaan yang pernah terjadi di dunia.

Selain itu, tujuanya juga mendidik dan membekali wawasan soal kegempaan sejak dini, mengingat gempa menjadi bencana alam yang sering terjadi di Indonesia.

Baca juga: Guys! BMKG Tegaskan Gempa Banten Bukan Penyebab Listrik Padam

Wahana edukasi soal bencana ini menghadirkan perspektif baru bagi anak-anak, namun tetap menyenangkan karena dibalut suasana bermain yang seru.

Ruangan tersebut sebenarnya dilengkapi dengan mesin pengguncang, dilengkapi tampilan visual pada layar lebar yang dilengkapi sound system untuk menambah dramatis simulasi gempa tersebut.

Anak-anak juga akan diperkenalkan pada guncangan gempa yang terjadi di India pada Agustus 2016, Lombok Utara pada 2018, dan Jepang pada 11 maret 2011 yang menewaskan 300 orang, hingga Aceh yang berkekuatan 8,8 magnitudo.

Selain wahana baru ini, ada pula 24 wahana mengenal aneka profesi yang ada di Kota Mini Floating Market. Seru banget nih wisata di sini!


Penulis: Citra Resmi (Urbanasia Bandung)