Ridwan Kamil Usul Buka Rute Penerbangan Bandung - Pangandaran, Kamu Setuju?

Oleh
Pantai Pangandaran. (Image: Pixabay/rendy224)

Urbanasia - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengusulkan dan mendorong Bandara Husein Sastranegara untuk membuka rute penerbangan Bandung - Pangandaran, lho.

Rencana ini ternyata merupakan rencana Emil untuk kembali menghidupkan rute yang diproyeksikan bisa menopang industri Bahari di wilayah Pangandaran. 

Pangandaran sendiri terkenal dengan wisata maritimnya yang ramai dikunjungi.

Selain itu, Emil juga melihat kalau market Pangandaran ini sudah besar. Ia juga mencanangkan desain wisata bahari Pangandaran seperti di Hawaii. Wah, bakal kaya gimana ya jadinya?

Menurutnya, ada dua bandara yang potensial dengan rute Bandung - Pangandaran ini, yakni Bandara Husein Sastranegara di Bandung dan Bandara Nusawiru di Pangandaran. Kedua bandara ini dinilai layak melayani wisatawan lokal dan mancanegara.

Baca Juga: Kenalkan Teh Jawa Barat, Ridwan Kamil Coba Pasarkan Hingga ke Inggris

Buat yang belum tahu, rute tempuh kendaraan roda empat dari Bandung ke Pangandaran ini cukup memakan waktu, lho. Bisa menghabiskan hingga enam jam, dengan total jarak tempuh 215 km. Jauh juga ya?

Jika dari Bandung, kamu harus terlebih dahulu melewati Tasikmalaya dan Ciamis, nih. Untuk estimasi pulang pergi aja bisa menghabiskan sekitar setengah hari alias 12 jam. Disarankan buat kamu yang mau berlibur ke sini, harus menyiapkan akomodasi untuk menginap agar lebih puas.

Hmmm, mengingat banyak tempat wisata potensial di Pangandaran, nggak salah juga ya rencana dari Kang Emil buat membuka rute baru ini. Gimana kalau menurut kamu nih, Urbanreaders?(*)



Penulis: Citra Resmi (Urbanasia Bandung)