Pidato Kenegaraan RI: Jokowi Minta Izin Rakyat Indonesia Pindah Ibukota

Oleh
Jokowi saat pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI pagi tadi (16/8). (Image: Youtube Sekretariat Presiden)

Urbanasia - Satu hari jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pagi tadi (16/8) Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR menggelar sidang tahunan yang dihadiri oleh seluruh elemen DPR, DPD, badan legislatif lainnya beserta eksekutif termasuk Presiden terpilih, Joko Widodo.

Nah, kalo pada nanya emang apa aja sih yang dibahas dalam sidang tahunan MPR ini? Jadi, setiap tahunnya MPR akan membahas beragam hasil kinerja, progress dan juga rencana jangka pendek maupun jangka panjang dari seluruh elemen ini.

Salah satu yang menjadi perhatian dari sidang tahunan MPR yang berlokasi di gedung Parlemen DPR/MPR RI tadi adalah pidato kenegaraan Joko Widodo.

Ada banyak hal yang dibahas dan semuanya menyangkut masa depan bangsa.

Baca Juga: Asyik! Tanggal 17 Agustus Besok, KAI Bakal Gratiskan Tiket Kereta Tuh

"Untuk menjadi kuat, kita tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri. Ego sektoral tidak releban lagi. Kolaborasi dan sinergi antarlembaga harus ditingkatkan," ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan supaya negeri kita maju dan hal itu bisa terwujud, maka dibutuhkan rasa bersatu untuk mencapai satu tujuan, bersatu untuk maju bergerak di jalan perubahan, serta bersatu dengan penuh optimisme di masa depan. Keren kan?

Nggak hanya masalah optimisme, Jokowi juga memikirkan nasib masa depan bangsa melalui pemindahan ibu kota.

"Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya memohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan. Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa," bebernya.

Ternyata alasan Jokowi memindahkan ibukota juga bukan tanpa alasan.

Baca Juga: Bersihkan 74 Pantai Bareng Menteri Susi, Cara Unik Rayakan Hut RI

"Indonesia bukan hanya Jakarta, bukan hanya Pulau Jawa. Akan tetapi, Indonesia seluruh pelosok tanah air, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," jelas dia.

Nah, guys gimana nih kalian setuju nggak nih ibukota beneran pindah ke Kalimantan? Apalagi Jokowi kan udah minta izin sama kita juga.(*)


Penulis: Healza Kurnia H.