Mengenal Mata Uang Rupiah Dulu sampai Sekarang di Museum Bank Indonesia

Oleh
Salah satu koleksi uang di museum Bank Indonesia. (Image: instagram @museum_bi)

Urbanasia - Museum jadi tempat buat belajar sejarah masa lalu, tapi kesan museum yang kuno bikin orang, terutama anak muda, malas untuk datang.

Tapi beda sama museum Bank Indonesia (BI) yang ada di kota tua. Museum satu ini identik banget sama kesan megah!

Ditambah lagi untuk menggaet milenial pihak museum pun menghadirkan teknologi kekinian, seperti diorama dengan efek visual yang menarik dan layar interaktif yang memperkenalkan kegiatan perekonomian.

Berkunjung ke museum BI, udah pasti Urbanreaders bisa lihat-lihat segala jenis uang, baik kertas dan logam, dari zaman kerajaan nusantara sampai sekarang.

Selain uangnya, museum ini juga punya koleksi benda yang berhubungan dengan uang seperti brankas sampai mesin hitung.

Baca Juga: Melihat Indonesia Zaman Prasejarah Sampai Kemerdekaan di Museum Fatahillahseum Fatahillah

Total koleksi yang ada di museum ini berjumlah 75.000 buah. 

Nggak cuma etalase tempat menyimpan uang, pengunjung juga bisa merasakan suasana bank tempo dulu lewat manekin-manekin dalam ruangan yang seolah sedang beraktivitas dalam bank. 

Selain bisa ngelihat koleksi uangnya, di sini kalian juga bisa baca buku untuk menambah pengetahuan soal hal-hal yang berhubungan dengan BI di perpustakaannya. 

Buat yang pengen berkunjung kesini, kamu bisa datang setiap hari kecuali Senin pukul 08.00 - 15.30 WIB (khusus weekend sampai jam 16.00 WIB). Tiket masuknya juga murah banget, cuma Rp 5000 aja. 


Penulis: Kintan Lestari