Hari Pramuka ke-58 Jatuh Esok Hari, Yuk Cari Tahu Makna Simbol Tunas Kelapa

Oleh
(Image: Twitter/@kwarnas)

Urbanasia - Bulan Agustus identik dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia. 

Tapi selain hari kemerdekaan, ada hari spesial juga yang jatuh di bulan ini guys, yaitu Hari Praja Muda Karana (Pramuka).

Hari Pramuka diperingati tiap tahunnya tanggal 14 Agustus. Tahun ini akan jadi ulang tahun Pramuka yang ke-58.

Biarpun ulang tahun Pramuka jatuh esok hari, tapi nggak ada salahnya kita tahu hal-hal menarik seputar Hari Pramuka lebih awal kan.

Baca Juga: Keluar dari Gunung Sindur, Setya Novanto Kini Brewokan

Pramuka punya arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Organisasi ini dilambangkan dengan simbol tunas kelapa. Kenapa sih harus tunas kelapa? Maknanya apa?

Tunas kelapa dipilih jadi simbol lantaran punya banyak manfaat di setiap bagiannya. Nggak percaya? Nih, kita bedah satu-satu .

Buah apapun semuanya berawal dari tunas, begitu juga kelapa. Tunas kelapa bernama cikal. Dan di KBBI Online, cikal bakal punya arti "orang (sesepuh) yang mula-mula mendirikan desa atau negara; pendiri".

Jadi kelapa yang tumbuh diibaratkan juga bahwa pramuka merupakan inti kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Terus buah kelapa juga bertahan lama dan bisa tumbuh dimana aja, jadi anggota pramuka juga bisa beradaptasi dimanapun dan nggak pantang menyerah saat menghadapi tantangan.

Baca Juga: Biar Makin Cepat dan Tepat, Kereta Api Malang Surabaya Akhirnya Ditambah

Pohon kelapa menjulang tinggi ke atas, itu ibaratnya setiap anggota pramuka punya cita-cita yang tinggi dan lurus dan pendiriannya juga nggak mudah goyah.

Lalu akarnya kuat menancap tanah, yang mengibaratkan pramuka berpegang pada landasan yang kuat untuk mencapai cita-citanya.

Nah itu dia alasan kenapa tunas kelapa jadi lambangnya gerakan pramuka urbanreaders.


Penulis: Kintan Lestari