Bandung Bakal Bikin Wisata Nuklir, Jangan Pada Takut Ya!

Oleh
Ilustrasi Nuklir. (Image: Pixabay)

Urbanasia - Setelah kampung Alquran, kali ini bakal ada Wisata Nuklir di Bandung. Waduh, bakal kaya gimana ya? Wisata nulkir ini tengah dirancang oleh Kecamatan Coblong Bandung.

Tenang, wisata ini ternyata berhubungan dengan pengenalan soal teknologi nuklir. Destinasi wisata ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Nuklir Nasional (Batan), lho.

Baca Juga: Menyerupai Bunker Anti Nuklir, Rumah ala Industrial Ini Bisa Jadi Inspirasi

Saat ini, realisasi wisata teknologi nuklir ini masih dalam proses MoU dengan Batan. Diharapkan di akhir September sudah bisa berjalan, nih. Diadakannya wisata teknologi ini bertujuan agar masyarakat dan wisatawan mengetahui tentang teknologi nuklir.

Selama ini persepsi tentang nuklir itu selalu menakutkan, melalui wisata teknlogi ini diharapkan akan ada informasi positif yang tersampaikan.

Ke depannya, akan ada juga kerja sama dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) untuk pengopersian Bandros (Bandung Tour On Bus) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk membantu promosikan kawasan tersebut.

Rencananya, menggunakan Bandros akan diarahkan menuju Batan. Wisatawan akan mendapatkan ilmu baru soal nuklir, sekitar 1 - 2 jam telah mendapatkan edukasi bermanfaat.

Baca Juga: Menyerupai Bunker Anti Nuklir, Rumah ala industrial Ini Bisa Jadi Inspirasi Membangun Rumah

Selain itu, sejumlah destinasi yang berhubungan dengan teknologi juga bakal masuk dalam wisata ini, lho. Misalnya Kampus ITB, Kebon Binatang, dan Babakan Siliwangi bisa menjadi pusat wisata.

Bandung jadi makin seru ya dengan kehadiran inovasi-inovasi wisata kaya gini. Semoga ke depannya semakin banyak destinasi wisata yang nggak hanya seru tapi juga mengedukasi! 


Penulis: Citra Resmi (Urbanasia Bandung)