400 Veteran Kemerdekaan Dapat Santunan dari Kota Batu Malang

Oleh
(Image: Humas Pemkot Batu)

Urbanasia-Tahukah kalian jika Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan 10 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional lewat Keputusan Presiden No. 30 Tahun 2014 yang ditandatangani oleh Presiden Ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Agustus 2014 silam?

Untuk memperingatinya, hari ini (13/8), sebanyak 400 veteran dari daerah Jawa Timur jadi tamu spesial di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Ada beberapa golongan veteran yang menghadiri acara tersebut. Mulai dari veteran pejuang, veteran pembela hingga veteran perdamaian.

Baca Juga: Pemuda Bandung Ditangkap karena Curi Pakaian Dalam Cewek, Ini Penyebabnya!

Veteran pejuang ialah mereka yang melawan penjajah antara tahun 1945 hingga 1949. Sementara veteran pembela yakni mereka yang sudah mengikuti operasi militer Trikora, operasi perebutan Irian Barat pada tahun 1963–1964.

Dalam golongan itu juga ada veteran yang sempat mengikuti operasi militer Dwikora, di Malaysia pada tahun 1964–1966 dan operasi militer di Timor Timur pada 1975–1976.

Selain itu ada pula veteran perdamaian yakni mereka yang berperan secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Untuk di Kota Batu sendiri total ada 51 veteran yang tersisa.

Hari Veteran Nasional Indonesia Ke-64 tahun 2019 ini mengambil tema "LVRI Bersama Pemerintah Dan Masyarakat Siap Melanjutkan Pewarisan Nilai-nilai Kejuangan 45 Kepada Generasi Penerus Bangsa".

Hari Veteran Nasional (HVN) merupakan salah satu upaya bangsa untuk menghargai para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raga untuk kemerdekaan negeri ini.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnu Prasetyo Budi, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Walikota Malang Sutiaji, Plt Bupati Malang Sanusi, Bakorwil Malang Benny Sampir Wanto, Muspida Malang Raya, DPD LVRI Jawa Timur dan Dewan Pertimbangan LVRI Jawa Timur, Dewan Harian Daerah (DHD 45) serta seluruh anggota LVRI Malang Raya.

Ratusan veteran ini mendapatkan bantuan sosial dari Pemkot Batu. Masing-masing di antara mereka mendapat bantuan senilai Rp 4 juta per tahunnya. Jumlah tersebut naik dibandingkan tahun sebelumnya yakni senilai Rp 3 juta.

Baca Juga: Viral, Video Seorang Penjagal Hewan Kurban di Bandung Meninggal Saat Menyembelih

Penyaluran bantuan biasa dilakukan pemkot sebanyak 4 kali. Salah satunya disampaikan saat peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi langkah pemerintah Kota Batu yang peduli terhadap eksistensi para veteran ini.

“Bentuk kepedulian yang diberikan oleh Pemkot Batu ini patut diapresiasi ya. Ini hal yang luar biasa,” tutur Khofifah.

Sementara itu, Ketua DPD LVRI Jawa Timur Brigjen TNI Purn Ismadi, yang membacakan sambutan Ketua Umum LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin mengatakan bahwa peringatan hari veteran ini merupakan penghargaan kepada para veteran pejuang kemerdekaan atas perjuangan dan pengorbanan di masa revolusi fisik.


Penulis: Nunung Nasikhah (Urbanasia Malang)