Untuk Kamu Jakartans yang Tinggal di Apartemen, Bikin City Garden Yuk!

Oleh

Urban Asia – Jika kalian tinggal di Apartemen kota Metropolitan ini pasti sumpek banget liat macet dimana-mana, asap kendaraan yang bikin muka kusam dan bunyi klakson di tiap tikungan. Kebayang gak pulang nyampe kamar yang diliat itu lagi dan lagi. Pasti stressful banget bukan? Mending sematin deh tanaman hijau di balkon kecil kalian biar gak butek-butek amet pemandangan. Berikut Urban Asia kasi rekomendasi beberapa tanaman yang akan membuat balkon kalian menjadi City Garden diantaranya;

 

  1. Lili Paris (Clorophytum Comosum), tanaman ini mempunyai karakter menjuntai tumbuh keatas. Tulang daun berwarna putih akan membuat tanaman ini menjadi spotlight. Kalian bisa mengaplikasikannya dengan cara digantung karena, jenis tanaman ini adalah tanaman hias gantung dan mudah beradaptasi dengan cuaca.
  2. Black eye Susan Vine (Thunbergia alata), berbeda dengan yang tadi jenis tanaman ini sifatnya merambat. Jadi cocok banget untuk mengurangi panasnya matahari kalau kalian lagi santai dibalkon. Tanaman rambat ini kalian bisa aplikasikan di sela pagar besi balkon agar dia merambat pada besi tersebut.
  3. Begonia, terlalu hijau? Tambahin nih bunga-bunga dari Begonia ini. Selain banyak varian warnanya tanaman tersebut sangat mudah perwatannya yang penting disiram at least setiap pagi kalau mau berangkat kerja. Cocoklah bagi kalian yang busy banget.
  4. Sansivieria, biasa disebut juga tanaman Lidah Mertua. Santai kali ini gak se-pedes ocehan mertua, tanaman ini bisa kalian tempatkan di balkon bisa juga di dalam ruangan. Sansivieria ini dapat tumbuh subur meskipun kurang air sekalipun. Gimana gak pedes-pedes amet kan?
  5. Lavender, duh banyak nyamuk banget nih disini! Tenang ada ini nyamuk langsung pergi. Tanaman hias pengusir nyamuk ini adalah tanaman semak pendek dapat tumbuh sekitar 24inch. Lavender juga bisa digunakan dalam memasak.

 

Menjaga hal-hal sederhana adalah prioritas utama kalian. Kehidupan kota membuat kalian cukup sibuk dan lupa akan hal-hal sederhana tersebut. Memang sepele tetapi berbagai tanaman tadi akan membawa ruang hidup di balkon kecil kalian. Sehingga rasa mumet dan lelah kalian akan hilang dengan adanya City Garden versi kalian sendiri.

 

Satu lagi nih tambahan ada sepatah kata dari Allan Armitage: “ Gardening simply does not allow one to be mentally old, because too many hopes and dreams are yet to be realized.” Daripada tua sebelum waktunya? Mending buruan bikin deh City Gardennya!