Tips Rahasia Kesuksesan Jeff Bezos Bangun Amazon

Oleh
(Image: Instagram/@jeffbezos)

Urbanasia - Jeff Bezos sangat berperan penting pada suksesnya Amazon hingga seperti sekarang ini. Dalam membesarkan Amazon menjadi raja ecommerce, ternyata ada beberapa hal yang menjadi kunci sukses Jeff.

Pada awal mula berdirinya, Amazon hanyalah usaha kecil yang dimulai dari garasi mobil. Namun sekarang Amazon telah menjulang keberhasilan dan kabarnya gudangnya saja besarnya melebihi lapangan sepak bola.

Di balik suksesnya Jeff membangun Amazon, ternyata ini rahasia sukses yang dimiliki Jeff dalam membesarkan Amazon.

Baca Juga: Bos Amazon Jeff Bezos Resmi Cerai, Mantan Istri Dapat Saham Rp 539 T

1. Berani mengambil resiko

Mungkin kalimat ini sudah tak asing lagi ditelinga orang yang mau memulai berbisnis, meski sangat ringan diucapkan, ternyata tak semua orang berani menerapkannya, hingga ujung-ujungnya bisnis tak kunjung dimulai lantaran takut gagal.

"Anda harus mau menerima ide bisnis yang mungkin saja tidak berhasil. Anggap itu sebuah eksperimen yang gagal. Tentu saja, kegagalan itu bukan sebuah masalah," kata Jeff.

Meski kini telah sukses, ternyata Jeff seringkali mengalami kegagalan. Tutupnya restoran Amazon pada 24 Juni dan kemerosotan kios pop-up Amazon baru-baru ini merupakan kegagalan yang pernah dialami Jeff Bezos.

2. Memiliki tujuan yang jelas dan realistis

Dalam memulai bisnis tentu target yang ingin dicapai dari sebuah bisnis tersebut harus sudah jelas dan realistis tentunya.

Dalam hal ini Jeff menekankan bahwa memahami kualitas kerja pada wilayah.

Dari sinilah kemudian bisa diketahui bagaimana langkah yang bisa diambil untuk menaikkan standar di wilayah kerja tersebut. Karena tidak semua wilayah memiliki kualitas kerja yang sama.

Baca Juga: Selain Bos Gojek dan Bukalapak, 4 Nama Ini Kayaknya Juga Cocok Jadi Menteri Muda Jokowi

3. Pahami keinginan pelanggan

Apa artinya bisnis tanpa pelanggan, tentu ini menjadi hal penting untuk diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis. Oleh karena itu Jeff tidak pernah absen membaca email dari pelanggannya.

Tidak peduli sudah seberapa besar bisnis tersebut, jika tidak mendengarkan kata pelanggan tetap akan runtuh pada waktunya.

Menurut Jeff dalam mengembangkan Amazon, dia lebih mementingkan pada apa yang pelanggan mau daripada melihat apa yang dilakukan kompetitor guys.

Bahkan, berkat masukan dari pelanggan, Jeff bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada pada Amazon.

Nggak heran nih jika Amazon terus berinovasi dan cepat menyesuaikan diri dengan kebutuhan pelanggan. 

4. Ubah pola pikir

Dalam mengembangkan bisnisnya, Jeff telah berinteraksi dengan orang yang paling berpengaruh pada dunia.

Dari pengalaman tersebut ia mengambil kesimpulan bahwa mereka yang biasanya memperbaiki keadaan adalah mereka yang banyak mendengarkan dan sering berubah pikiran. 

“Mereka memiliki kumpulan data yang sama di awal, tetapi mereka terus menganalisanya sepanjang waktu hingga akhirnya sampai pada kesimpulan baru dan berubah pikiran," kata Jeff.

Baca Juga: Waduh! Jony Ive, Bos Desain Apple Mengundurkan Diri

5. Tetap mempertahan visi 

Kata Jeff, orang yang sukses dalam bisnis adalah orang yang mengenali keyakinan atau visi yang mereka pegang dan terus mencari bukti yang membuat mereka tidak yakin.

"Orang-orang yang sukses biasanya telah bekerja keras untuk mengenali keyakinan yang mereka pegang dan secara aktif mencoba mencari bukti yang membuat mereka tidak yakin”, kata Jeff.

Namun meskipun tetap terus berpegang pada visi tetap harus fleksibel dalam mewujudkannya, begitu cara Jeff mengembangkan bisnis hingga menjadi orang terkaya di dunia.

Nah itu kunci sukses yang dibagi Jeff untuk membangun sebuah bisnis, meski terlihat sepele, jika kamu mau mencobanya siapa tahu bisa menggeser posisi Jeff Bezos dari gelar orang terkaya di dunia ini.(*)


Penulis: Dilla Sufianita