Nggak Bikin Repot Lagi, Tes DNA Kini Bisa Lewat Internet Lho!

Oleh
Soft launching layanan tes genetika berbasis internet DNAku. (Image: Anisa/Urbanasia)

Urbanasia - Banyak orang mengira kalau tes DNA digunakan untuk mengetahui status biologis keturunan seseorang. Nah bagi yang belum tahu nih, DNA merupakan asam nukleat deoxyribonucleic acid yang menyimpan semua informasi tentang genetika.

Memang sih, lewat  tes DNA  bisa mengungkap secara akurat informasi genetik dalam tubuh manusia.

Tapi guys, kalian harus tahu kalau  tes DNA juga bisa untuk mengetahui  potensi, risiko dan kebutuhan unik setiap individu termasuk kondisi kulit seseorang.

Dari variasi profil yang begitu banyak, tentu memberi kerumitan tersendiri dalam memilih berbagai rekomendasi yang tepat untuk diri kita baik dari segi kesehatan maupun gaya hidup.

Baca juga: Begini Nih, Bahayanya Jika Sembarangan Pakai Softlens!

Banyak anggapan  bahwa untuk melakukan tes DNA memerlukan waktu dan biaya serta proses yang rumit, tapi sekarang tidak loh guys, kamu bisa melakukan tes genetika melalui layanan berbasis internet bernama DNAku.

DNAku adalah layanan pemeriksaan genetika berbasis internet pertama di Indonesia yang menerjemahkan informasi DNA menjadi profil genetik yang mudah dipahami.

Layanan ini diperuntukkan pada masyarakat khususnya bagi young professionals berumur 25-45 tahun) yang tertarik untuk mengetahui gaya hidup yang optimal berdasarkan profil genetik masing-masing nih.

Layanan pemeriksaan genetika dengan gaya  baru ini rencananya akan diluncurkan oleh PT Global Genetika Indonesia, atau Genetics Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 2019 bertepatan dengan HUT Republik Indonesia.

Baca juga: Wow, 5 Perawatan Kecantikan Ini Gunakan Bahan Ekstrem!

DNAku akan memberi laporan menyeluruh loh mengenai kecenderungan tubuh dan risiko masalahkesehatan serta rekomendasi gaya hidup yang tepat berdasarkan struktur DNA masing-masing individu.

Ada  5 jenis pemeriksaan (modul)yang bisa kamu cek loh lewat layanan ini, diantaranya:

1. Kulit

Layanan ini mengajak kamu untuk  tahu bagaimana jenis kulis dan resiko berbagai jenis kelamin serta kebutuhan vitamin.


2. Kesehatan

Tes DNA juga bisa loh mengetahui metabolisme tubuh yang seperti apa yang berbahaya bagi kesehatan dan respon terhadap jenis makanan tertentu.


3. Olahraga

Nah, ternyata jenis olahraga apa yang sesuai untuk kita juga bisa loh dicek melalui tes DNA, bahkan risiko cideranya dan irama sirkadian .


4. Nutrisi & Diet

Yang ini sih sepertinya cocok banget ya guys untuk kita, karena bisa mengetahui jenis makanan yang berpengaruh besar pada berat badan, kecenderungan obesitas, dan respon olahraga terhadap berat badan.


5. Ancestry

Untuk mengetahui asal muasal leluhur. Pengetahuan ini juga dapat digunakan dalam keseharian, seperti kemampuan bersosialisasi.


Cara untuk bisa mengikuti tes genetika lewat layanan ini sangat mudah loh., diantaranya  sebagai berikut:

1. Buat akun pada alamat https://dnaku.id dan lakukan pembelian, kit pengambilan sampel akan

langsung dikirimkan ke rumah kamu.

2. Pengambilan sampel hanya perlu dilakukan satu kali dan oleh diri sendiri. Gunakan kit untuk

mengambil sampel DNA pada lapisan dalam pipi.

3. Kirimkan sampel DNA kamu ke lab DNAku.

4. Hasil akan diterima via online, dengan mengakses web DNAku.


Nah, bicara soal harga, layanan DNAku bisa kamu dapatkan dengan harga senilai Rp 1,4 juta guys, dan masing-masing modul senilai Rp 499 ribu. Tapi, khusus untuk tanggal 17 dan 18 Agustus 2019  ada promo diskon senilai 45 persen untuk pembelian kit.

“Proses ekstraksi dan sequencing DNA akan dilakukan oleh para ahli yang telah teruji dan memiliki banyak pengalaman di bidang molekuler. Untuk analisis data, DNAku bekerjasama dengan perusahaan bioinformatika internasional yang selalu mengikuti perkembangan riset terbaru,” ujar Simon selaku Direktur Genetics Indonesia, Kamis, (15/8/2019).


Penulis: Anisa Kurniasih