Mumpung Sekarang Malam Jumat, Ini 5 Fakta tentang Kuntilanak

Oleh
Image: Instagram @kuntilanakfilm

Urbanasia - Setan di Indonesia banyak rupanya, dan salah satu yang paling terkenal ya kuntilanak.

Setan ini bahkan sering dibuat film saking menakutkannya sosok ini. Tapi Urbanreaders tahu nggak fakta-fakta soal kuntilanak?

Kalau belum tahu, nih Urbanasia kasih tahu fakta-faktanya apa saja!


1. Kalau suara ketawa kuntilanak jauh, berarti ia dekat dan sebaliknya 

Fakta satu ini kayaknya udah banyak yang tahu ya. Banyak orang yang mendengar suara ketawa kuntilanak sayup-sayup seolah jauh. Padahal menurut orang yang bisa lihat sosok tak kasat mata, kuntilanaknya ada di dekat orang tersebut. 

Baca juga: Deretan Cerita Horor Selama KKN, Seram Banget!

Begitu juga sebaliknya. Kalau kamu mendengar suara tertawa kuntilanak sangat kencang, itu artinya kuntilanaknya jauh.


2. Kuntilanak suka berada di muara sungai, pinggiran danau, atau kolam

Nggak cuma gedung tua aja, kuntilanak juga sering 'nongkrong' di muara sungai, pinggir danau, juga kolam.

Rupanya tempat-tempat tadi jadi favorit kuntilanak untuk melepas penat. Wah, kayak manusia aja ya!


3. Kuntilanak suka mencelakai wanita hamil

Wanita hamil biasanya jadi sasaran empuk sosok satu ini. Kuntilanak suka mencuri janin dari perut wanita hamil, apalagi yang sedang hamil tua.

Baca juga: Serem Abis! Ini 4 Penampakan Hantu yang Berhasil Tertangkap Kamera

Kuntilanak diyakini berawal dari wanita yang meninggal karena melahirkan, yang anaknya juga tidak selamat. Itu sebabnya kuntilanak sering mengganggu wanita hamil.

Jadi nggak heran sebagian besar bumil di Jawa menyimpan gunting, paku, atau peniti saat sedang hamil untuk berjaga-jaga dari gangguan kuntilanak. 


4. Suka daging anak-anak dan darah orang

Nggak cuma ibu hamil, anak-anak, khususnya yang belum bisa jalan, juga jadi sasaran makhluk halus satu ini lho.

Di tempat asalnya, Pontianak, kuntilanak dipercaya jadi penyebab hilangnya anak-anak secara misterius. Setelah menculik anak-anak kecil, kuntilanak akan memakan daging mereka. 

Baca juga: Yakin Malam Jumat Lembur di Kantor? Simak 5 Kisah Mistis di Gedung Berhantu Ini!

Sementara di Kalimantan Utara dan Malaysia, kuntilanak disana disebut-sebut suka menghisap darah manusia layaknya vampir. 


5. Kalau mencium aroma "aneh" artinya ia berada di dekatmu

Ada aroma-aroma nggak biasa di sekitarmu. Hmm...kamu perlu was-was tuh, bisa aja itu tanda kalau kunti lagi ada di dekatmu.

Keberadaan kuntilanak umunya ditandai dengan wangi bunga melati. So urbanreaders, kalau di dekatmu tahu-tahu wangi bunga melati padahal nggak ada pohonnya, jangan-jangan berasal dari si kunti. 


Penulis: Kintan Lestari