Mengenal Tanaman Bajakah, yang Diteliti Mampu Obati Kanker Payudara

Oleh
Ilustrasi tanaman hutan. (Image: Pixabay)

Urbanasia - Tanaman Bajakah beberapa hari terakhir menjadi perbincangan hangat setelah dua orang siswa SMA N 2 Palangkaraya melakukan penelitian dan menemukan bahwa kandungan Bajakah bisa menyembuhkan kanker payudara.

Penemuan ini juga sempat diikutkan dalam perlombaan karya ilmiah internasional dan mendapat medali emas pada kompetisi Life Science di Seoul, Korea Selatan, pada 25 Juli 2019 kemarin.

Lalu apa sebenarnya tanaman bajakah itu?

Bajakah merupakan tumbuhan liar yang merambat yang tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan.Tanaman bajakah merambat di ketinggian lebih dari 5 meter hingga mencapai puncak pohon yang menjadi tumpuan rambatannya. Sedangkan akarnya sendiri ada di tanah yang dialiri air gambut bening kecoklatan, khas hutan Kalimantan.

Baca juga: Wow, 5 Perawatan Kecantikan Ini Gunakan Bahan Ekstrem!

Tanaman bajakah disebut-sebut sebagai tanaman mistis, lantaran sebelum diadakan uji laboratorium, tanaman ini sudah dipercaya oleh masyarakat Suku Dayak sebagai obat kanker secara turun-temurun.

Namun kepercayaan mistis itu kian hilang seiring dengan adanya penelitian ini. Tanaman bajakah juga tidak bisa ditemukan di sembarang hutan, tanaman ini sulit untuk dibedakan dengan tanaman lain dan juga sangat langka.

Masyarakat Dayak biasa menggunakan bajakah sebagai obat kanker dengan mengolahnya terlebih dahulu. Pertama, tanaman tersebut dikeringkan secara alami dengan mengandalkan sinar matahari. Setelah kering, cacah batang tanaman itu dan tumbuk hingga menjadi bubuk halus.

Bubuk itu kemudian harus direbus menggunakan air biasa selama kurang lebih 30 menit. Kemudian air rebusan yang memiliki warna dan rasa seperti teh yang hambar itu diminum sebagai pengganti air putih.


Penulis: Dilla Sufianita