Hobi Makan Bisa Jadi Cuan? Coba Ikutin Tips Menjadi Food Blogger Ala Miss Kuliner Ini!

Oleh
Image: Instagram/@miss_kuliner

Urbanasia - Urbanreaders, sebagai milenial yang senantiasa mengikuti perkembangan industri kreatif di era digital ini, kita tahu dong ada banyak banget soal peluang kerja yang menarik? Yap, di era ini ada beragam pilihan pekerjaan yang bisa garap dengan menyenangkan tanpa perlu ke kantor.

Sebut aja influencer dan youtuber, dua hal ini sekarang dikenal sebagai bidang pekerjaan baru yang pastinya menghasilkan uang. Menjadikan hobi sebagai pekerjaan sekarang udah bukan hal aneh! Setuju gak, nih?

Ngomongin soal influencer, kali ini Urbanasia mau ngomongin perihal “food blogger”, nih. Kebanyakan orang pasti berpikir kalau food blogger itu salah satu contoh konkrit hobi yang dibayar. Menariknya, food blogger ini kini mulai dilirik sebagai salah satu peluang menghasilkan uang.

Kamu yang hobinya makan, bisa nih melebarkan sayapmu buat merambah dunia food blogger. Kali ini Urbanasia berkesempatan buat tanya-tanya sama Miss Kuliner alias Ariyanti, salah satu food blogger di Bandung. Gimana ya tips dari dia buat mulai serius jadi food blogger?

Baca juga: Tak Hanya Lucu, 5 Desain Kosmetik Berbentuk Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Laper

Katanya modal utama buat jadi food blogger itu ya satu; harus hobi makan. Plus, awal-awal kebanyakan food blogger ini gak berorientasi pada untung semata.

Justru mereka kebanyakan adalah manusia hobi jajan dan makan yang akhirnya sengaja membagikan pengalaman kulinernya buat orang-orang. Mereka cuman mau orang tahu betapa enaknya makanan ini, atau makanan itu.

Seiring waktu berjalan, perjalanan kuliner mereka pun akhirnya mendatangkan banyak perhatian orang. Hal ini juga nih yang dialami sama Ariyanti. Ia mengaku bahkan saat awal di tahun 2016, ia gak berminta buat bikin akun Instagram. Setiap kali jajan, ia hanya kepikiran buat mengabadikan makanan pesanannya pakai kamera handphone buat dokumentasi pribadi.

Lama kelamaan, teman-temannya pun mulai menanyainya soal rekomendasi kuliner. Ariyanti akhirnya mencoba membuat akun Instagram yang awalnya untuk pribadi. Hobi kulinerannya ini membuatnya selalu menggugah konten secara berkala. Akhirnya akun instagramnya ini pun makin membesar hingga sekarang.

Baca juga: Mulai Kariernya Sejak SMK, Gadis Muda Asal Medan Ini Sukses Bikin Bisnis Kuliner Sendiri

Kuncinya, buatlah konten yang menarik dan konsisten. Hal ini juga berlaku buat Youtuber ata infuluencer juga, lho. Kita pastinya juga dituntut buat bikin konten super kreatif. Mengawali dari nol emang gak mudah, tapi kalau kamu menikmati dan menyukainya proses ini pasti bakal tetap menyenangkan. Untung merupakan bonus kalau kamu konsisten!

Nah buat millenial yang tertarik dengan dunia kreatif ini, bisa nih ngikutin tutorial dari Ariyanti di atas. Selain food blogger ada juga bidang kreatif lain yang bisa kamu coba. Pokoknya, gak jelek kok hukumnya bikin hobi jadi kerjaan.

Misal nih kamu hobi nge-game, kamu bisa lho bikin konten video tentang game yang kamu sukai kemudian meng-upload-nya di Youtube. See, ada banyak kesempatan kalau kamu pandai melihat peluang! 


Penulis: Citra Resmi (Urbanasia Bandung)