5 Langkah Mudah Ciptakan Suasana Rumah yang Ramah Lingkungan

Oleh
Sumber: 99 Inspiration

Urban Asia – Gaya hidup yang ramah lingkungan telah menjadi salah satu tren yang mulai dicari akhir-akhir ini, Kaum Urban.

Nah, kalau kamu ingin menciptakam rumah yang ramah lingkungan, ini lho langkah mudah yang bisa kamu lakukan.

1.    Bersih-bersih dan Seni Decluttering


Seni decluttering. (image: Wellness Centre)

Kaum Urban, kalau kamu pernah melihat serial Netflix Marie Kondo, maka kamu memahami bahwa seni decluttering dapat mengubah penampakan rumahmu.

Well, kalau kamu bertanya-tanya apa itu seni decluttering? Seni decluttering merupakan seni mengikhlaskan barang-barang yang tidak diperlukan lagi.

Dengan membersihkan dan menyingkirkan barang yang tak lagi kamu gunakan, maka hal tersebut menjadi langkah pertama untuk mencapai kehidupan yang berkelanjutan.

2.    Mengganti Kontainer Plastik dengan Stainless Steel atau Gelas


 
Tempat makan dari stainless steel. (image: Tokopedia)

Ternyata, Kaum Urban, akan lebih baik apabila kamu mengganti kontainer berbahan plastik yang kamu miliki dengan kontainer berbahan stainless steel atau gelas.

Selain bahan stainless steel atau gelas lebih tahan lama, bahan tersebut juga tidak akan mengeluarkan bahan kimia ke dalam makanan yang disimpan di dalamnya. Berita baiknya, bahan-bahan tersebut akan lebih mudah didaur ulang nantinya.

3.    Membeli dalam Jumlah Banyak


Ilustrasi membeli dalam jumlah banyak. (image: Wise Bread)

Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan suasana rumah yang ramah lingkungan adalah membeli bahan makanan dalam jumlah banyak.

Selain kamu bakal jadi lebih hemat, kamu juga akan mengurangi penggunaan plastik ketika melakukan pembelian.

4.    Buat Sendiri Hal-hal yang Kamu Butuhkan


Face wash buatan sendiri. (image: Little Genius)

Kamu sering sekali membeli hal-hal untuk dekorasi rumah atau bahan kosmetik?

Well, ternyata ada lho hal-hal yang bisa kamu buat sendiri, Kaum Urban!

Manfaatkan saja baking soda maupun bahan alami lainnya untuk membuat produk kosmetik kamu sendiri, mulai dari face wash hingga pelembab.

5.    Hindari Penggunaan Barang Sekali Pakai



Sedotan plastik. (image: Getty Images)

Meskipun bukanlah hal yang tidak mudah untuk betul-betul menghindari barang sekali pakai di hidupmu, akan tetapi mencoba mengurangi penggunaan barang sekali pakai merupakan langkah yang baik.

Penggunaan sedotan plastik dan juga botol plastik sekali pakai sebaiknya kamu kurangi untuk menciptakan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Bagaimanapun, Kaum Urban, menciptakan suasana rumah yang ramah lingkungan dapat dimulai dari langkah sederhana, dan enggak harus ribet, kok.

Selamat mencoba, ya!